KAVEGE
KAVEGE Mobile
www.kavege.blogspot.com/?m=1

Hadapi Tahun 2012, Nokia Siap Luncurkan Inovasi Baru





Setelah sepanjang tahun 2011, produk-produk Nokia terbenam di pasar telepon seluler dan smartphone, kini Nokia menatap tahun baru 2012 dengan optimisme. Nokia menjanjikan produk-produk dengan inovasi baru yang rencananya akan diluncurkan sepanjang tahun 2012. Sudah menjadi rahasia umum bahwa produsen telepon seluler asal Finlandia ini kalah dari para pesaingnya dalam hal inovasi-inovasi segar yang dituangkan dalam produk yang dilempar ke pasaran. Bahkan pergeseran peta penjualan telepon seluler mulai bergeser dari nokia dan mulai merata di berbagai produsen. Padahal sebelumnya Nokia menguasai sebagian besar pangsa pasar telepon seluler sampai meledaknya tren smartphone yang memunculkan beberapa pemain baru seperti RIM dengan Blackberry-nya, Apple dengan iPhone-nya, dan Samsung dengan seri Samsung Galaxy-nya.
Tak cukup sampai di situ, keterpurukan Nokia di tahun 2011 juga dikarenakan masih bertahannya perusahaan ini di pasar smartphone dan telepon seluler ketika para kompetitornya mulai merambah tablet PC yang juga mulai menunjukkan tren positif. Nokia sempat menggebrak lewat diluncurkannya Nokia Lumia 710 dan Lumia 800 pada akhir 2011 dengan mengandalkan Windows Phone 7.5  sebagai sistem operasinya. Akan tetapi, Lumia 710 dan Lumia 800 belum dapat melebihi atau sekedar memberikan perlawanan terhadap hegemoni iPhone 4S dan Samsung Galaxy S II yang hadir di semester kedua tahun 2011.  Resolusi kamera dan aplikasi Nokia Music yang menjadi andalan Nokia ternyata belum mampu mengalahkan dukungan konektifitas jejaring sosial yang ditawarkan kedua kompetitornya. Belum lagi sistem operasi Windows Phone 7.5 yang diusung Nokia Lumia 710 dan 800 belum dapat menghentikan ketangguhan iOS dan Android yang diusung kedua kompetitornya.
Lalu apa gebrakan yang akan dilakukan Nokia agar dapat bertarung kembali dengan kedua kompetitornya tersebut di tahun 2012? CEO Nokia, Stephen Elop, mengatakan Nokia tetap akan melanjutkan kerjasama dengan Microsoft dalam aspek tampilan antarmuka pengguna dan sistem operasi untuk produk-produk Nokia yang akan diluncurkan di tahun 2012. Langkah pertama tentu saja melepas Nokia Lumia 900 ke pasaran. Akan tetapi, dari spesifikasi keseluruhan Lumia 900 yang telah dipamerkan, tidak terdapat banyak perbedaan signifikan dengan versi predesesornya yakni Lumia 710 dan 800. Resolusi kamera 8 Mega pixel yang ditawarkan pun kemungkinan dapat dilibas dengan mudah oleh Samsung Galaxy S III yang akan rilis awal tahun 2012 ini. Betapa tidak, resolusi kamera yang ditawarkan Galaxy S III mencapai 13.2 Mega pixel tentu jauh berada di atas resolusi kamera Lumia 900. Meskipun begitu, Lumia 900  dengan Windows Phone 7.5 menawarkan kemudahan akses ke akun email dan jejaring sosial lainnya. Akan tetapi, belum terdengar apakah aplikasi mobile Windows Phone 7.5 yang ditawarkan dapat mengalahkan aplikasi mobile berbasis Android dan iOS.
Tak cukup sampai peluncuran Nokia Lumia 900, kemungkinan Nokia kembali akan meluncurkan hingga 12 perangkat berbasis Windows Phone pada pertengahan 2012. Belum lagi, pihak Nokia berencana meluncurkan perangkat tablet yang mendukung sistem operasi Windows 8 pada pertengahan 2012. Hal ini semata-mata dilakukan dengan melihat tren perangkat tablet yang tengah menggeliat. Inovasi ini tentu saja ditujukan untuk merevitalisasi brand Nokia sendiri mengingat kurang bersinarnya brand miliki perusahaan Finlandia tersebut pada tahun lalu. Menarik untuk ditunggu apakah produk tablet keluaran Nokia dapat menjadi kompetitor serius dari iPad 3 yang rencananya juga akan dirilis pada pertengahan 2012 dan telah menyita banyak perhatian serta spekulasi. Jika rencana peluncuran tablet tersebut dapat terealisasi, maka bukan tidak mungkin dominasi iPad 3 di segmen pasar tablet kini tengah terancam. Kini, semua mata tengah tertuju pada Nokia dan menunggu kejutan apa yang akan disuguhkan Nokia di tahun 2012 ini.


Responses

0 Respones to "Hadapi Tahun 2012, Nokia Siap Luncurkan Inovasi Baru"

Posting Komentar

 

Categories

Blackberry (8) Cheat (24) Fenomena Langka (14) Games (5) Info (54) Misteri (16) Software (14) Trick PC (12)

SCAN THIS !

qrcode
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors